Blogger Indonesia

Rabu, 28 November 2012

HASIL DISKUSI STUDY AGAMA HINDU
KELOMPOK 1:
Fahmi dzilfikri (1111032100030)
Fitri astuti (1111032100054)
Tema:
1. Asal Usul Nama Hindu Dan Sejarah India Kuno
2.  Interaksi antara Bangsa Arya dan Bangsa Dravida

Dosen pembimbing:
Hj. Siti Nadroh, M. Ag

Oleh:
Ifa Nur Rofiqoh
(1111032100049)

JURUSAN PERBANDINGAN AGAMA
FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH
JAKARTA
2012

A.    SEJARAH INDIA KUNO
Mohenjodaro ditemukan disekitar sungai Indus. Terutama terpusat di sepanjang Indus dan daerah punjab, peradaban diperluas ke sungai ghaggar-Hakra lembah dan yamuna, gangga-doap yang meliputi sebagian besar Pakistan, meluas kedalam negara-negara barat seperti India, Afganistan, bagian timur Balochistan dan Iran.

Mohenjodaro dan Harappa merupakan kota terbesar yang berada di lembah sungai Indus. Mohenjo-daro dan Harappa merupakan peradaban yang tinggi nilainya, yang ditandai dengan adanya kota yang teratur penataannya. Rancangan kota Mohenjodaro dan Harappa termasuk kota pertama di dunia yaitu menggunakan sanitasi sistem. Didalam kota rumah-umah individu atau kelompok dibangun dalam suatu pemukiman dengan memungkinkan sirkulasi udaranya, dengan jalan agar selau mendapatkan udara yang segar. Dengan kata lain sistem sirkulasi udara di Mohenjodaro pada waktu itu sudh ada. Air yang berada dirumah-rumah bersal dari sumur. Dari sebuah ruangan yang tampaknya terlah disisihkan untuk mandi, air limbanh diarahkan kesaluran tertutup yang berbasis di jalan utama. Indus kuno sistem pembuangan air kotor dan saluran air yang dikembangkan dan digunakan dikota-kota deseluruh wilayah Indus jauh lebih maju daripada yang ditemukan di lokasi perkotaan kontemporer di Timur Tengah dan bahkan lebih efisien daripada yang ada di banyak daerah di Pakistan dan India. Mohenjodaro dan Harappa juga menggunakan sisrem irigasi, hal ini dilihat dari pembuatan pemukiman sudah dipertimbangkan agar rumah-rumah tidak terkena banjir dengan membuat jalan air. Semua rumah memiliki fasiliras air dan saluran air.

Sebagan besar penduduk kota telah bermata pencaharian sebagai pedagang, pengrajin dan petani. Bahkan dari daerah jauh digunakan dikota-kota untuk membangun segel, menak-menik dan objek lain. Beberapa segel yang digunakan untuk cap tanah liat pada perdagangan barang dan mungkin memilik kegunaan lain juga. Dan beberapa kerajinan ini masih diprektekan di India sampai saat ini. Hasil kebudayaan yang terdapat di Mohenjodaro dan Harappa berupa seni pahat atau ukir kerajinan. Banyak kerajinan seperti keramik dan batu akik dan menak-menik mengilap digunakan dalam pembuatan kalung, gelang dan ornamen lain.

Mengingat banyaknya patung-patung ditemukan di lembah Indus telah secara luas menyatakan bahwa orang-orang Mohenjodaro dan Harappa menyembah patung yang di sebut ibu dewi yang melabangkan kesuburan. Beberapa lembah indus menunjukan swastika yang dikemudian hari, agama dan mitologi, khususnya di india agama-agama hinduisme an jainisme. Bukti paling awal unsur-unsur Hindu yang ada sebelum dan sesudah awal periode Harappa ditemukan simbol-simbol Hindu yang berupa siva lingam

B.    SEJARAH AGAMA HINDU
Agama Hindu merupakan agama pokok yang dianut di kawasan India. Agama ini banyak didadasarkan pada naskah-naskah suci yang ada. Tidak seperti agama lain, Hindu  tidak dapat diketahui secara pasti siapa pendirinya atau siapa pembawa pertamaa ajaran-ajarannya. Inilah salah satu kesulitan dalam mempelajari agama Hindu. Ketidakadaan sejarah Hindu ini, dimungkinkan karena dalam sejarah awalnya tidak sempurna sebagai suatu agama yang terkonsep atau secara pasti dicetuskan sebagai agama, tetapi berangsur-angsur menjadi agama yang dilembagakan.
Kemunculannya yang masih dalam zaman (bisa jadi) primitif ini, tidak mendorong arti penting sejarah, sehingga tidak ada peniggalan-peninggalan sebagai penanda pasti awalnya agama Hindu. Hindupun baru muncul 2000 tahun setelah kedatangan bangsa Arya. Kedatangan bangsa Arya ke india kuno berlangsung secara bertahap Sehingga  dapat diartikan sebagai perpindahan. Bangsa arya melakukan perpindahan  karena semakin banyaknya penduduk sehinggan lahan yang ditempati tidak sebanding atau tidak seimbang dengan jumlah penduduknya.

Sejarah mencatat, bahwa penamaan agama Hindu melalui beberapa fase istilah. Penamaan ini pertama kali diberikan oleh bangsa Persia --yang diakui memiliki peradaban yang lebih dulu/kuno di antara peradaban bangsa-bangsa lain. Bangsa Persi menyebutnya dengan istilah Sindhu, berasal dari bahasa Sansekerta, yang kemudian berubah menjadi Hindu.

Dalam kajian agama-agama dunia, Hindu dianggap sebagai agama tertua di dunia. Lahir jauh sebelum Moses, Buddha, dan Kristus.Bermula dari abad ke-15 dan masih berlangsung hingga sekarang. Agama Hindu timbul dari dua arus tama yang membentuknya, yaitu agama (bangsa) Dravida dan agama (bangsa) Arya. Dalam perkemangannya di India, kemudian muncul usaha-usaha untuk memasukkan berbagai macam kepercayaan yang ada, seperti filsafatnyadan praktek-praktek keagamaannya dalam suatu sistem yang sekarang disebut sebagai agama Hindu.

Meski demikian dalam penulisan sejarah agama Hindu dipriodisasikan kedalam beberapa priode, yaitu: Pertama, Perkembangan agama Hindu di India pada Zaman Veda (6500-2000 SM). Kedua Perkembangan Agama Hindu di India Zaman Brahmana (2000-1500 SM). Ketiga, Perekembangan agama Hindu di India pada zaman Upanisad (1500-500 SM). Kemudian periode selanjutnya perkembangan agama Hindu ke berbagai wilayah di luar India.

Dalam perkembangannya, dari agama Weda Hindu menyerap sistem korban dan dewa-dewa alam. Dari agama Brahmana agama Hindu menyerap kepercayaan akan kekalnya kitab Weda, sistem kasta, upacara-upacara yang rumit dan perayaan keagamaan. Dari agama Upanishad agama Hindu menyerap konsep tentang Realitas Tertinggi, juga tentang pengertian kesatuan dengan Tuhan. Agama Upanishad adalah penentang agama Brahmana. Dari ajaran-ajaran Sri Krishna agama Hindu menyerap ajaran monoteisme dan ajaran etika.

Terlepas dari dua arus utama tadi, di India masih ditemukan kepercayaan suku asli yang juga tetap ada perwujudannya dalam agama Hindu. Suku-suku asli India ini menyembah nenek moyang, hantu, sungai, gunung pohon dan binatang. Objek-objek ini juga diserap oleh agama Hindu. Di antara dewa yang berasal dari kepercayaan suku asli ialah dewi Kali yang mengerikan. Dalam mitologi Hindu, Kali ini adalah istri Siwa dan Dewa Ganesha.

Bangsa dravida adalah bangsa yang mempunyai kepercayaan terhadap animisme, sedangkan bangsa arya adalah bangsa yang mempunyai kepercayaan terhadap dewa-dewa, yang kemudian akhirnya merekapun melebur menjadi satu-kesatuan, baik bangsa maupun kepercayaannya. Berkat peleburan kebudayaan dravida yang tua itu dengan kebudayaan arya terjadilah kemudian kebudayaan India.
Agama Hindu juga disebut dengan sanata dharma yang berarti agama tanpa awal, tidak dilahirkan namun tetap ada dan kekal sampai selamanya, atau disebut juga dengan widika dharma yang berarti agama yang berdasarkan/berpedoman pada kitab suci weda.

C.    KETERANGAN
Beberapa uraian tentang agama hindu tersebut adalah merupakan hasil diskusi pada study agama hindu yang dilaksanakan pada:
Hari/ Tanggal    : Kamis, 13 September 2012
Tema        :
1. Asal Usul Nama Hindu Dan Sejarah India Kuno
2.  Interaksi antara Bangsa Arya dan Bangsa Dravida
Moderator        : M. Ridwan Zein
Narasumber    :
1. Fitri Astutik (1111032100054)
2. Fahmi Dzilfikri (1111032100030)
Notulis         : Ifa Nur Rofiqoh (1111032100049)
Penanya        :
1. Rini Farida
2. Mila Kamila
3. Moh. Muhyidin
4. Dede Ardi Hikmatullah
5. Anto Suryanto
6. Agus Risky
Participant/Komentator        :
1. Fitri Astuti
2. Fahmi Dzilfikri
3. M. Ridwan Zein

Tidak ada komentar:

Posting Komentar